Kamis, 26 Mei 2016

Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)



Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) ~ Anime dan Film Layar Lebar






Attack on Titan atau dalam bahasa Jepangnya dikenal dengan Shingeki no Kyojin adalah anime yang diadaptasi dari seri manga jepang karya Hajime Isayama yang diterbitkan oleh Kodansha pada tahun 2009. Manga ini diterbitkan di Indonesia pada tahun 2013 di bawah naungan Level Comics

Anime yang terbit sebanyak 25 episode ini bergenre Horror, Tragedi, Drama, Aksi, dan Supernatural. Dikatakan demikian karena menceritakan tragedi mengerikan tentang kepunahan umat manusia. Dimana manusia yang tersisa harus berjuang mempertahankan hidup agar tidak menjadi santapan para raksasa. Dibumbui dengan drama apik yang melingkupi ketiga pemain utama beserta masing-masing karakter tokoh yang hadir. Di setiap adegan drama dan aksi yang disuguhkan menceritakan lebih dalam pemahaman tentang AOT (Attack on Titan), saya sendiri semakin dibuat penasaran dengan misteri yang terselubung. Ada apa sebenarnya dan bagaimana endingnya akan berakhir. Pertanyaan lain muncul seiring dengan perkembangan jalan cerita. Genre Supernatural disematkan mungkin karena faktor misteri perubahan wujud menjadi raksasa yang belum terpecahkan. Bahkan sampai animenya berakhir pun saya belum menemukan jawabannya.

Animasi garapan Tetsuro Araki ini dibawah naungan Production I.G dan Madman Entertainment, tayang perdana pada April 2013. Bagi penggemar anime yang menyukai pemahaman penulisan ide cerita daripada hanya sekedar ilustrasi gambar yang menawan, AOT sangat cocok, ide ceritanya luar biasa. Hajime Isayama sangat pintar dalam mengolah dan mengembangkan cerita. Walau cukup sukses dan mendulang popularitas, sebenarnya tema cerita ini telah menjadi subyek kontroversi. Di bagian mana yang dipermasalahkan juga tidak mengerti, namun untuk kreatifitas, ide, dan fantasi pengarang, bagi saya itu sangat keren.










Cerita bermula dari suatu zaman yang tidak diketahui kapan tepatnya, umat manusia yang tersisa bertahan hidup dengan membangun tembok-tembok sebagai pelindung. Tiga buah lapis tembok, yang terluar diberi nama Tembok Maria, kedua bernama Tembok Rose, dan paling dalam bernama Tembok Sina. Masing-masing tembok memiliki tinggi sekitar 50 meter.























Semula keadaan aman terkendali, sampai akhirnya terjadi suatu peristiwa dimana tiba-tiba muncul seorang raksasa Kolosal bertinggi badan 60 meter yang berhasil menjebol tembok Maria. Hal itu menyebabkan banyak raksasa bertinggi 8-15 meter bisa masuk ke dalam dengan mudah, sehingga penduduk harus mengungsi ke tembok kedua yaitu tembok Rose.










Diantara penduduk tembok Maria yang mengungsi, ada seorang anak lelaki bernama Eren Jaegar, bersama dengan Mikasa Ackerman yang merupakan adik angkatnya. Eren melihat ibunya sendiri mati dimangsa oleh seorang raksasa Abnormal. Kematian ibunya membuat Eren bersumpah untuk menghabisi seluruh raksasa yang ada di muka bumi dengan cara menjadi seorang Prajurit dan masuk ke dalam Scout Legion meskipun hal itu ditentang oleh ibunya sebelum meninggal. Lima tahun pun berlalu, sekarang Eren, Mikasa, dan Armin (sahabat Eren dan Mikasa) sudah menjadi anggota Scout Legion.























Karakter Tokoh Utama Attack on Titan

1. Eren Jaeger 


Rangking 5 angkatan ke 104, mengikuti pelatihan bersama Mikasa dan Armin, bergabung dengan Survey Corps. Memiliki kemampuan berubah menjadi raksasa, hal ini diketahuinya setelah dia dimakan oleh raksasa saat hendak menyelamatkan Armin sahabatnya. Setelah menyadari akan kekuatannya, dia menggunakan untuk mencapai mimpinya yaitu membunuh semua raksasa. Voice actor untuk tokoh Eren adalah Yuki Kaji yang mendapatkan 3 kali penghargaan Seiyu Awards, tahun 2009, 2013, dan 2014. 











 


2. Mikasa Ackerman 


Rangking 1 angkatan ke 104, bergabung dengan Survey Corps. Dia diselamatkan Eren pada tahun 844 saat kedua orang tua Mikasa dibunuh dan dia diculik. Sejak saat itu dia tinggal bersama keluarga Jaeger dan menjadi adik angkat Eren, menjadikan keduanya sangat akrab. Calon prajurit angkatan 104 terbaik. Sangat kuat dan memiliki kemampuan luar biasa. Voice actor untuk Mikasa adalah Yui Ishikawa.























  
3. Armin Arlert


Tidak masuk 10 besar, bergabung dengan Survey Corps. Prajurit angkatan 104 tercerdas namun memiliki mental dan fisik yang lemah. Karena kepintarannya dia dapat lulus walau mental dan fisiknya tidak memenuhi standar. Jangan terkecoh dengan fisiknya yang seperti perempuan, karena Armin adalah seorang lelaki. Sebelum kehancuran tembok Maria, dia selalu diganggu oleh anak-anak nakal dan ditolong oleh Eren dan Mikasa. Walau tidak setangguh kedua sahabatnya, tetap memilih bergabung dengan Survey Corps yang selalu menantang maut saat melakukan ekspedisi ke luar tembok. Keberaniannya dapat diacungi jempol. Voice actor untuk Armin adalah Marina Inoue.



Corps dipimpin oleh Erwin Smith. Eren pada awalnya berada dibawah pengawasan kapten Levi yang dikenal tidak banyak bicara dan kejam. Eren berada di tim Levi karena cowok itu sendiri yang menjaminkan keselamatannya, sehingga kalau suatu saat dia berubah menjadi raksasa dan lepas kendali, Levi yang akan langsung turun tangan membunuh. Tugas Survey Corps adalah melakukan ekspedisi/penyelidikan ke luar tembok. Sehingga kemungkinan meninggal dalam tugas lebih besar 60% dari harapan hidup. Survey Corps memiliki lambang sayap kebebasan pada jubah atau mantelnya.



















Karakter Tokoh Titan Shifter Attack on Titan

1. Raksasa Kolosal
Raksasa Kolosal adalah raksasa setinggi 60 meter. Selain besar, raksasa ini dapat mengendalikan uap panas dari tubuh. Karena pengaruh posturnya, pergerakannya menjadi sangat lambat. Raksasa jenis inilah yang menjebol tembok Maria. Bertolt Hoover adalah wujud manusia dari raksasa Kolosal. Bertolt sendiri menduduki rangking 3 di angkatan 104. Dinilai sebagai orang yang dapat diandalkan, memiliki kemampuan luar biasa namun kurang agresif. 






















2. Armored Titan (Raksasa Baju Besi)

Raksasa yang memiliki kemampuan fisik sangat hebat, mampu membuat lubang di tembok hanya dengan satu kali serangan dan dapat berlari sangat cepat melebihi raksasa Abnormal. Reiner Braun adalah wujud manusia untuk raksasa ini. Menduduki rangking 2 di angkatan 104. Prajurit dengan mental dan fisik yang besar, mendapat kepercayaan yang tinggi dari teman-temannya. Dia mengaku bahwa dirinya bukan prajurit, melainkan adalah seorang pejuang. Reiner berasal dari desa yang lokasinya tidak diketahui bersama dengan Bertolt Hoover dan Annie Leonhart. Reiner sendiri merupakan teman dekat dari Bertolt.























3. Raksasa Perempuan

Raksasa ini memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, serta dapat mengeraskan diri menjadi kristal yang tidak bisa dihancurkan oleh apa pun. Annie Leonhart adalah wujud manusia untuk raksasa ini. Menduduki rangking 4 dalam angkatan 104. Annie bergabung dengan pasukan Polisi Militer, berpisah dengan teman-temannya yang memilih masuk Survey Corps. Sosok manusia Annie sendiri memiliki kemampuan luar biasa dalam bertarung dengan menggunakan tangan kosong. Raksasa Annie muncul pada bagian akhir anime, sedang raksasa Kolosal dan raksasa Baju Besi sudah dimunculkan pada awal cerita.










Ada lagi yang dinamakan raksasa Abnormal, bedanya raksasa ini bukanlah Titan Shifter seperti raksasa Kolosal, raksasa Baju Besi, dan raksasa Perempuan. Diberi nama Abnormal karena tingkah laku yang berbeda dari para raksasa kebanyakan, walau makanan favoritnya masih tetap sama, yaitu manusia. Perbedaannya bisa terlihat dari bentuk fisik dan gerakan yang sangat cepat. Raksasa Abnormal ada yang berjalan dengan merangkak, hanya saja bentuk kaki dan tangannya membengkok seperti kaki Laba-laba, ada yang berlari dengan cara lenggak lenggok seperti model Catwalk, ada yang tersenyum dengan ekspresi dan sorot mata mengerikan, ada yang memiliki perbedaan warna pada mata maupun tubuh.

Semua Titan Shifter adalah prajurit dari angkatan ke 104, angkatan yang sama dengan Eren, Mikasa, dan Armin. Titan Shifter tidak memiliki nafsu memakan manusia seperti yang dilakukan raksasa biasa lainnya. Sebenarnya mereka satu tim dan berteman, namun dikarenakan suatu hal yang tidak dimengerti atau memang memiliki tujuan berbeda, pada akhirnya mereka memilih jalan masing-masing. Inilah gambar para prajurit angkatan 104.

















Film Layar Lebar Attack on Titan

Film Layar Lebar Attack on Titan versi manusianya sudah diterbitkan. Berjudul Attack on Titan Part 1 yang dirilis tanggal 1 Agustus 2015 di Jepang, dengan durasi film sekitar 1 jam 39 menit. Pada seri kedua diberi judul Attack on Titan : End of the World, rilis tanggal 30 September 2015 di Indonesia, dengan durasi film 1 jam 27 menit. Film layar lebar AOT disutradarai oleh orang yang sama, yaitu Shinji Higuchi, dengan pemain utama yang juga sama dikedua seri. Tokoh Eren Jaeger diperankan oleh aktor Haruma Miura, sedang tokoh Mikasa diperankan oleh aktris Kiko Mizuhara, dan untuk Armin Arlert diperankan oleh aktor Kanata Hongo.

















Keren bukan, Anime maupun Film Layar Lebar versi manusianya. Namun ada satu yang mengganjal, kenapa para raksasa dibuat telanjang? Tapi kalau dipikir matang juga, sebenarnya para raksasa tidak mungkin sempat mikir hari ini mau pakai baju apa. Tidak mungkin pada saat mau menyerang tembok, sibuk milih baju dulu di rumah, dandan keren dulu biar gak memalukan. Memikirkannya saja sudah ngakak guling-guling. Jadi ide Hajime Isayama memang tepat dengan menempatkan para raksasa itu tanpa memakai busana, karena dalam pikiran mereka hanya soal makan, makan, dan makan manusia. Mana sempat ada yang kepikiran jadi Perancang Busana untuk bikin baju. Misalkan, untuk raksasa 8 meter ukurannya S dan M, raksasa 15 meter ukurannya L, raksasa 60 meter ukuran XXX. Kan lucu tuh, hahaha (beneran ngakak). Bagaimana pun juga, suguhan yang diberikan AOT cukup menarik untuk dilihat.

Selamat menonton!!   






1 komentar:

  1. Hi, nice to meet you!!
    Thanks for your comment
    Aku udah liat kusagiri.asia
    Mirip animelist japan ya, tapi bahasa Indonesia. Keren sih🤩
    Animenya juga banyak.
    Next, aku coba😊

    BalasHapus

NEW DIVIDE ~ LINKIN PARK I remembered black skies The lightning all around me I remembered each flash As time began to blur Like a startling...